Selasa, 30 Mei 2017

El-Madani pesantren yang siap memajukan Banser Rawalo



  Pondok pesantren El madani, dipesantren ini juga tempat para sahabat banser bersua, siang dan malam, untuk merencanakan bagaimana banser kedepan, pasalnya pengasuh pesantren El madani merupakan anggota Banser yang telah ikut pendidikan dasar banser, serta telah melaksanakan PKPNU.
El madani pesantren  bagaimana jalan ceritanya El madani bisa berdiri sampai sekarang.....
Sejarah Ponpes El-Madani Rawalo 


Banser Bersantai ria diponpes El-madani

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan berbasis agama yang telah mempunyai perjalanan yang panjang sejalan dengan perjalanan penyebaran agama Islam di Indonesia. Tidak dapat di pungkiri bahwa pondok pesantren ikut andil besar dalam memperjuangkan dan merebut kemerdekaan Indonesia. Di pojok desa Banjarparakan Rawalo tepatnya di kedungwangkal berdirilah pondok pesantren Miftahul Huda Nurul Iman yang lebih akrab dengan sapaan pondok el madani,  berdiri pada tahun 2004 yang di dirikan oleh Almaghfurllah Kiai M Judan Dawam (Lahir 1954 Wafat 2014) atas perintah gurunya Ky.  Sobari Tunjung.  Ky. Muh Judan adalah seorang pendatang dari daerah Mlangi Jogjakarta,  beliau menikah dengan Ibu Nyai Siti Masyrifah yang berasal dari Banjarparakan Rawalo Banyumas,  dan menetap di daerah tersebut. 





(Pengasuh Ponpes El-madani)


Sejak kecil beliau sudah mengaji pada kiai - kiai sepuh di Mlangi, beliau yang terkenal dengan kecerdasaannya dalam mempelajari ilmu agama kemudian di dawuhi oleh salah satu kiai nya yaitu simbah kyai Sirruddin tersebut, " juud ( sapaan kiainya kepada beliau) mondok-o neng nggonku mondok biyen ( Pondok Pesantren Ar-rasyid Bojonegoro) aku wes ra kuat mulang awakmu,  ilmuku wes entek neng awakmu" (Juud,,  mondoklah di tempatku dulu mondok,  Aku sudah tidak sanggup mengajarimu ngaji lagi,  ilmuku sudah habis olehmu). Sendiko dawuh dengan kiainya beliau pun berangkat nyantri ke bojonegoro. usai nyantri di bojonegoro beliau pulang ke mlangi dan berniat mau mengaji kepada salah satu kiai-nya lagi,  saat beliau sowan mau ikut mengaji lagi beliau di dawuhi oleh kiainya,  "juud kuliaho neng Al Azhar Kairo, wes ora lettinge awakmu ngaji ng kene" (Juud,  kuliahlah di Al Azhar Kairo,  sudah tidak tingkatannya lagi kamu mengaji disini).  Sebab terbentur biaya beliau tidak bisa melanjutkan ke Kairo. 
Sebagai Pusat pendidikan Islam, Pondok Pesantren El Madani mencetak generasi bangsa yang cerdas ruhaniyah, juga smart-intelektual. Dari perjalanan sejarah tersebut, pesantren membuka kesempatan untuk menyelenggarakan pendidikan formal. Pada tahun 2013 di dirikanlah SMA Pesantren El Madani Oleh Almaghfurllah Kiai M Judan  Dawam dan putranya Gus Rif'an yang meru­pakan inovasi penyelenggaraan atau manajemen pendidikan yang berbasis pesantren yang sangat kental, dimana model pendidikannya mengga­bungkan pendidikan agama non formal dengan pendidikan umum formal di sekolah, berangkat dari keprihatinan beliau - beliau di zaman sekarang begitu bebasnya pergaulan dan kenakalan anak remaja, SMA pesantren El Madani berdiri di bawah naungan yayasan nurul iman mempunyai program wajib mondok.



🌸Visi dan Misi 

Visi
"Mendidik generasi muda untuk mewujudkan generasi qur'ani - generasi madani"

Misi
"Mewujudkan kehidupan sekolah yang kondusif sesuai Al Qur'an dan Hadits."Menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air.
"Meningkatkan kualitas kelulusan dalam bidang pengetahuan,  teknologi,  seni budaya,  yang berorientasi pada kecakapan hidup. 
"Menumbuhkan kegemaran membaca,  menulis dan berkarya. 
"menumbuhkan motivasi belajar seumur hidup. 



🌸Motto
Cerdas Menata Masa Depan



Dari berbagai macam potensi, prestasi, variasi kegiatan di SMA Pesantren El Madani mempunyai program unggulan yaitu program Tahfidzul Qur'an dan mengkaji kitab kuning.

SMA El-madani belajar dialam terbuka


SMA Pesantren El Madani mempunyai tujuan agar siswa atau santrinya mempunyai prestasi akademik maupun non akademik serta mempunyai karakter berbasis agama yang mengedepankan akhlakul karimah.

Pengasuh Pesantren El-madani sekarang





Penelusuran yang terkait dengan pesantren el madani
ponpes al-madani purwasari, kabupaten kuningan, jawa barat
pondok pesantren madani ponorogo
pondok madani lembang
pesantren negeri 5 menara
pondok pesantren al madani gunung pati
pondok modern darussalam
ponpes bina madani bogor

pondok pesantren terpadu al-multazam kabupaten kuningan, jawa barat















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

markas banser satkoryon Rawalo, Banyumas